Perbedaan jenis tinta Pigment ink, Art Paper Ink dan DYE ink.

Banyak yang mencari perbedaan jenis tinta Inkjet pigment dan Art paper pada printer. Tinta printer memang banyak sekali jenisnya, tidak semua user mengetahui jenis tinta yang di pakai. Tinta printer memang sangat penting bagi printer karena tanpa tinta tentunya printer tersebut tidak akan bisa digunakan untuk mencetak dokumen. Pada kali ini saya akan membahas 3 jenis tinta saja yang sering di pakai secara umum.
Perbedaan jenis tinta Pigment ink, Art Paper Ink dan DYE ink.

Tinta yang baik terbuat dari terdiri dari butiran-butiran warna yang sulit untuk dihilangkan. Goreskan sedikit pada tangan Anda. Jika warna tinta tersebut tidak mudah luntur jika Anda bersihkan dengan sabun, maka tinta tersebut berkualitas bagus. Tinta printer memang sangat penting bagi printer karena tanpa tinta tentunya printer tersebut tidak akan bisa digunakan untuk mencetak dokumen.
Berikut Perbedaan jenis tinta Pigment ink, Art Paper Ink dan DYE ink :
  • Tinta Pigment
Tinta Pigment memiliki partikel mirip dengan kerikil besar di pantai. Hal ini jauh lebih sulit bagi sinar matahari dan bahan kimia untuk bereaksi dengan molekul pigment. Tinta pigment biasanya lebih tahan lama selama beberapa bulan sebelum memudar, dan ketika terlindung dari udara dan sinar matahari, tinta ini bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Tinta Pigment adalah tinta yang warnanya berasal dari pewarna pigment/biasanya berupa bubuk, dan tidak larut dalam air. Nama campurannya dalam bahasa Inggris disebut sebagai suspension. Karena pewarna pigment berupa bubuk, partikel pewarna ini tidak ikut merembes masuk ke serat kertas, tetapi tinggal di permukaan dan menjadi lapisan pewarna yang lebih tahan luntur dan tahan cahaya. Sebaliknya pada Tinta Dye, pewarna ini larut dalam air dan merembes ke serat kertas

Tinta jenis ini berbasis minyak (oil base) dan ANTI AIR, ANTI PUDAR DAN TAHAN LAMA. Aplikasinya paling cocok untuk cetak dokumen penting seperti ijazah,akta tanah,rumah, Foto paper, Art Paper, Inkjet Paper, dll. 
  • Tinta art paper
Tinta art paper adalah tinta anti pudar dan luntur, yang didesign khusus untuk diaplikasikan ke jenis kertas Art Paper(Kertas Brosur), Photo paper, Premium Glossy / Silky Paper, HVS, Kertas PVC, Stiker Photo Paper, dll.
 
Keunggulan utamanya, Setelah tinta di print ke Art paper, Tinta akan langsung kering (Tanpa perlu pemanas tambahan lagi seperti yang ditemui tinta pigment pada umumnya), dan tidak memerlukan setting khusus pada printer
.
Hasil print tidak akan pudar walau terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama.
Sangat cocok digunakan untuk Usaha Photo yang membutuhkan Kualitas Maximal hasil print photo yang tetap terjaga awet baik diletakan pada lokasi indoor maupun outdoor.

  • DYE ink
Tinta DYE ink Adalah tinta paling aman digunakan untuk segala jenis head printer Epson, Canon dan HP. Pernah dilakukan pengujian, head printer dapat bertahan selama 3 tahun dan bahkan dibiarkan tidak di print selama 1 bulan, printer tetap dapat melakukan proses printer dengan normal. Jenis tinta ini adalah berbahan dasar air sehingga mudah luntur dan jika terkena panas akan mudah pudar.
 
Aplikasi Tinta Dye Based sering digunakan untuk semua jenis kertas bisa menggunakan tinta Dye based karena karakter bahan dan harganya yang lebih terjangkau. Contoh kertasnya seperti kertas HVS, Glossy Paper, PVC ID Card, Inkjet Paper, Canvas, Silky Paper dan sebagainya.


Setelah mengatahui perbedaan tinta tersebut di atas semoga tidak lagi salah memilih tinta yang baik dan cocok di gunakan untuk printer anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan jenis tinta Pigment ink, Art Paper Ink dan DYE ink. "

Posting Komentar